Istilah-istilah dalam Microsoft Excel
Istilah
|
Keterangan
|
Cell
|
Merupakan pertemuan antara kolom dengan baris
|
Range
|
Kumpulan dari beberapa Cell
|
Worksheet
|
Merupakan lembar kerja dari Microsoft Excel
|
Workbook
|
Merupakan buku kerja dalam Microsoft Excel
|
Pointer
|
Merupakan alamat Cell yang sedang aktif (tanda kotak yang dapat digerakkan dengan anak panah atau mouse)
|
Fungction
|
Merupakan menu yang berisi rumus-rumus logika dalam Microsoft Excel
|
Ascending
|
Mengurutkan data dalam Microsoft Excel yang diurutkan naik (dari kecil ke besar)
|
Descending
|
Mengurutkan data dalam Microsoft Excel yang diurutkan turun (dari besar ke kecil)
|
Merge Cell
|
Perintah untuk menjadikan satu kolom satu baris dari beberapa kolom dan beberapa baris
|
Spelling
|
Untuk melakukan cek kebenaran dari kata yang ditulis dengan bahasa Inggris
|
AutoSum
|
Untuk menjumlahkan angka secara otomatis dan melakukan perhitungan sederhana
|
Task Pane
|
Bagian yang akan membantu kita pada saat menyunting (mengedit) lembar kerja. Jendela Task Pane ini akan ditampilkan secara otomatis dan isinya menyesuikan dengan pekerjaan yang sedang kita lakukan.
|
Operator Aritmatika dalam Microsoft Excel
Simbol Operator
|
Keterangan
|
Contoh
|
Hasil
|
*
|
Perkalian
|
5*4
|
20
|
/
|
Pembagian
|
20/5
|
4
|
+
|
Penjumlahan
|
5+4
|
9
|
-
|
Pengurangan
|
9-4
|
5
|
-
|
Negasi
|
-4
|
-4
|
^
|
Perpangkatan (Eksponensial)
|
2^3
|
8
|
%
|
Persentase
|
20%
|
0,2
|
&
|
Penggabungan lebih 1 rumus
|
4&5
|
45
|
Operator Perbandingan/Logika dalam Microsoft Excel
Simbol Operator
|
Tipe Perbandingan (Keterangan)
|
Contoh
|
Hasil
|
=
|
sama dengan
|
20 = 15
|
False
|
>
|
lebih besar dari
|
20 > 15
|
True
|
lebih kecil dari
|
20
|
False
| |
>=
|
lebih besar sama dengan
|
20 >= 15
|
True
|
lebih kecil sama dengan
|
20
|
False
| |
tidak sama dengan
|
20 15
|
True
|
Fungsi tombol-tombol keyboard dalam Microsoft Excel
Tombol Keyboard
|
Fungsi
|
F1
|
( Help ) Untuk meminta bantuan
|
F2
|
( Edit ) Untuk memperbaiki isi suatu cell
|
F4
|
( Absolut ) Untuk menetapkan alamat suatu cell
|
F5
|
( Go to ) Untuk menuju alamat suatu cell tertentu
|
Ctrl + S
|
( Save ) Untuk menyimpan lembar kerja
|
Ctrl + P
|
( Print ) Untuk mencetak dokumen
|
Ctrl + A
|
( Select All ) Untuk mengblok seluruh lembar kerja
|
Ctrl + F
|
( Find ) Untuk mencari karakter (digit) atau kata pada suatu cell
|
Ctrl + H
|
( Replace ) Untuk mencari dan sekaligus mengganti karakter (digit) atau kata pada suatu cell
|
Shift + Space
|
Untuk mengblok baris pada posisi pointer
|
Ctrl + Space
|
Untuk mengblok kolom pada posisi pointer
|
RUMUS-RUMUS LOGIKA
No.
|
Bentuk Umum Rumus
|
Fungsi
|
1
|
=LEFT( Cell uji , Jumlah ambil )
|
Untuk pengambilan digit (karak ter) dari kiri/depan
|
2
|
=RIGHT( Cell uji , Jumlah ambil)
|
Untuk pengambilan digit (karak ter) dari kanan/belakang.
|
3
|
=MID( Cell uji , mulai ambil , Jml ambil )
|
Untuk pengambilan digit (karak ter), jika ada digit (karakter) di kiri (depan) dan kanan (belakang) yang tidak diambil.
|
4
|
=SUM( Range )
|
Untuk menjumlahkan suatu range (kumpulan sel).
|
5
|
=MAX( Range )
|
Untuk mencari nilai/angka ter tinggi dari suatu range.
|
6
|
=MIN( Range )
|
Untuk mencari nilai/angka teren dah dari suatu range
|
7
|
=AVERAGE( Range )
|
Untuk mencari nilai/angka rata-rata dari suatu range
|
8
|
=ROUND( Range )
|
Untuk pembulatan angka pecahan desimal
|
9
|
=ABS( Range )
|
Untuk menghilangkan tanda mi nus pada suatu bilangan/angka
|
10
|
=UPPER( Cell )
|
Untuk membuat huruf kapital dari suatu digit yang terletak pd sel
|
11
|
=LOWER( Cell )
|
Untuk membuat huruf kecil dari suatu digit yang terletak pada sel
|
12
|
=VALUE( Cell atau Rumus )
|
Untuk menjadikan tipe data men jadi numerik (angka sesungguh nya)
|
13
|
&
|
Untuk menggabungkan lebih dari satu rumus
|
Catatan : - Cell (sel) adalah pertemuan antara kolom (disimbolkan huruf) dengan baris (disimbolkan angka)
- Range adalah kumpulan dari sel-sel
Contoh Cell : A1 => berarti kolom A baris ke 1
A23 => berarti kolom A bari ke 23
Contoh Range : A5 . . B7 atau A5 : B7 => berarti kumpulan dari sel A5, A6, A7, B5, B6, dan B7
|
No comments:
Post a Comment